Minggu, 18 Agustus 2019

TURNAMEN BWF GRADE 1: KEJUARAAN DUNIA BULU TANGKIS 2019



          Kejuaraan dunia BWF merupakan turnamen individu internasional BWF dengan level tertinggi grade 1 dan masuk ke dalam BWF Major Events. Meski tidak menyediakan hadiah berupa uang tunai namun kejuaraan dunia ini sangat prestisius dengan point tertinggi 13.000 untuk sang juara dan 11.000 untuk runner up. Poin tersebut setara poin olimpiade dan tentunya sangat bergengsi bagi siapapun yang mendapatkannya.

            Untuk tahun 2019 ini. Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis di selenggaran di benua Eropa tepatnya di Basel, Switzerland di St. Jakobshalle. Turun dengan kekuatan maksimal, Indonesia tentunya menargetkan minimal membawa pulang 1 gelar juara di turnamen ini setelah di turnamen yang sama tahun lalu tahun 2018 pulang hanya dengan membawa medali perunggu lewat pasangan ganda putri Greysia Polii/ Apriyani Rahayu dengan kegagalan pebulutangkis terbaik Indonesia yang juga peringkat satu dunia ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/ kevin Sanjaya Sukamuljo. Pasangan Markus/ Kevin terhenti di babak Perempat Final oleh pasangan ganda putra Jepang – Takeshi Kamura/ Keigo Sonoda dengan straight game 19-21, 18-21. Setelah sebelumnya di kejuaraan yang sama pada tahun 2017 Kevin/ Markus juga terhenti di babak perempat final oleh pasangan ganda putra China – Chai Biao/ Hong Wei dengan rubber game 21-11, 19-21, 20-22. Datang kembali di tahun ini di turnamen yang sama tentu medali emas menjadi target khusus Kevin/ Markus untuk menyempurnakan ranking 1 nya yang sudah diraih beberapa tahun tanpa tergeser sekalipun.

            Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 berlangsung pada tanggal 19 – 25 Agustus 2019. Indonesia mengirim semua pemain terbaiknya ke ajang bergengsi ini di semua sektor yang dipertandingkan dan menempatkan unggulan teratas di beberapa sektornya. Berikut daftar lengkap skuat Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019, di Basel, Swiss:

MD:
Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad  Ahsan/ Hendra Setiawan, Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/ Hardianto.
XD:
Praveen Jordan/ Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/ Pitha Haningtyas Mentari, Hafiz Faizal/ Gloria Emanuelle Widjaja, Ronald/ Annisa Saufika.
WD:
Greysia Polii/ Apriyani Rahayu, Jauza Fadhila Sugiarto/ Yulfira Barkah, Della Destiara Haris/ Rizki Amelia Pradipta.
MS:
Jonatan Chistie, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto.
WS:
Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani

            Di sektor Ganda Putra (MD). Indonesia menempatkan pasangan Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo di unggulan pertama, disusul Mohammad  Ahsan/ Hendra Setiawan menjadi unggulan keempat, dan Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto menjadi unggulan ketujuh, ketiga ganda putra ini berada di satu pol di pool atas, jadi jika mulus berjalan semua Marcus/ Kevin akan berhadapan dengan Fajar/ Rian di Perempat Final dan pemenang akan berjumpa wakil Indonesia lain Ahsan/ Hendra di Semi Final. Sementara Berry/ Hardianto menempati pool beda sendiri di pol bawah dan akan berjuang habis-habisan dengan beberapa unggulan dari negara Jepang, China dan Malaysia.

            Di sektor Ganda Campuran (XD) mengirimkan 4 wakil terbaiknya. Dua sebagai unggulan dan dua lainnya non unggulan. Di babak 16 besar jika Hafiz/ Gloria mulus melaju akan berhadapan dengan pemain peringkat satu dunia Zheng/ Huang di mana di pertemuan terakhir di Japan Open 2019 di Perempat Final pasangan Indonesia -  Hafiz/ Gloria keluar sebagai pemenang, meskipun begitu H2H antara keduanya kini 1-3 dengan 3 kemenangan Zheng/ Huang. Sementara itu di pool bawah terdapat Praveen/ Melati yang jika mulus melangkah ke Perempat Final akan bertemu pasangan Thailand – Dechapol/ Sapsiree atau jika pasangan Indonesia lain Ronald/ Annisa mulus melangkah ke Perempat Final akan berhadapan dengan Praveen/ Melati. Sementara itu pasangan muda Indonesia yang juga Juara Dunia Junior 2017 Rinov/ Pitha kemungkinan akan bertemu Yuta/ Arisa di babak 32 besar.

            Di sektor ganda Putri (WD) yang belakangan ini sering terjegal dengan ganda putri Jepang mengirimkan 3 wakil terbaiknya. Pasangan peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia tahun lalu Greysia/ Apriani berada di pool atas dan di babak 16 besar, besar kemungkinan bertemu ganda putri terbaik Bulgaria Stoeva bersaudara. Sementara itu Della/ Rizki datang sebagai unggulan 14 ada kemungkinan bertemu dengan ganda putri Korea di 16 besar yang merupakan unggulan keenam. Sementara itu Yulfira/ Jauza kemungkinan besar akan berhadapan dengan Chen/ Jia di babak 32 besar.

            Di sektor tunggal putra (MS). Indonesia mengirimkan 3 tunggal terbaiknya dan semuanya menjadi unggulan di turnamen ini Jonatan Christie yang datang sebagai unggulan keempat besar kemungkinan akan bertemu dengan Tommy Sugiarto di babak 16 besar yang juga datang sebagai unggulan 15 dan Ginting sebagai unggulan keenam juga berada di pool yang sama dimana jika sama-sama lancar Ginting akan bertemu dengan Jojo di babak perempat final dan pemenangnya besar kemungkinan akan bertemu tunggal putra ranking 1 dunia Kento Momota untuk memperebutkan tiket Final.

            Sementara itu di sektor tunggal putri (WS). Datang dengan hanya mengirimkan 2 wakil terbaiknya, Gregoria Mariska dan Fitriani, dimana keduanya harus bekerja keras melawan lawan-lawan yang ada. Sebagai unggulan 14, Gregoria Mariska akan bertemu Ratchanok di babak 16 besar dan sementara Fitriani yang merupakan non-unggulan kemungkinan besar akan berhadapan dengan Saina Nehwal di babak 16 besar yang merupakan unggulan 8 dan sebelumnya harus berhadapan dengan Michelle Li di babak 32 besar yang merupakan unggulan 11.    

Tidak ada komentar:
Write komentar

Halaman Kami: