Senin, 05 Agustus 2019

REKOMENDASI KULINER DI JAWA TIMUR, INDONESIA ( KABUPATEN LAMONGAN BAGIAN 1 )

Foto Wisata Bahari Lamongan (WBL)


               Kabupaten Lamongan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur, Indonesia. Selain terkenal dengan sepak bola nya yaitu PERSELA Lamongan, Wisata Bahari Lamongan (WBL), kabupaten ini juga terkenal dengan beberapa kuliner nya yang sungguh khas dan nikmat. Selain Soto Lamongan yang sudah terkenal, terdapat juga beberapa kuliner khas dan nikmat yang tentunya membuat anda ingin kembali lagi untuk singgah di Lamongan .....


      1. Bir Mataram (Wedang Rempah)

         Meskipun namanya tidak terlalu familiar oleh beberapa orang dan minuman ini mungkin tidak terlalu dikenal di Lamongan. Tapi menikmati minuman satu ini tentu akan membuat anda tidak menyesal untuk memesan. Mungkin setelah dengar namanya bir anda langsung beranggapan minuman isi salah satu komposisinya adalah bir. Namun jika begitu, anda salah. Minuman ini terbuat dari air hangat yang ditambah berbagai macam rempah. Sekilas Bir Mataram/ Wedang Rempah ini mirip seperti minuman Wedang Uwuh yang biasa ditemui di Jogja, meskipun asal Bir Mataram juga tidak jauh dari Jogja yaitu Solo, namun minuman Wedang yang satu ini memiliki kompoisisi rempah yang lebih banyak, diantaranya: jeruk nipis, gula batu, daun serai, bunga cengkeh, kulit secang, kapulaga, kayu manis, jahe bakar yang dimemarkan, akar alang-alang, dll.

Minum jahe di waktu yang dingin setelah hujan atau malam hari memang nikmat. Tapi minum Bir Mataram bisa jadi alternatif utama untuk lebih menghangatkan badan, selain itu manfaatnya pasti akan lebih banyak. Salah satu tempat yang rekomended untuk menikmati Bir Mataram adalah di Angkringan Latar Omah letaknya sama di selatan Polres Lamongan. Disini anda akan disuguhkan secangkir Bir Mataram dengan porsi yang terbilang jumbo di mug loreng lengkap dengan tatakan cangkir khas jaman doeloe. Jika porsi ini terlalu banyak, anda bisa share juga dengan teman yang tentunya kenikmatannya tetap komplit dan tak berkurang 

Foto Bir Mataram Tampak Atas
Foto Bir Mataram Tampak Samping

2. Ketan Duren

Sebagian dari kalian mungkin menganggap Ketan dimanapun akan nikmat jika dimakan ketika hangat apalagi ditambah dengan buah duren yang begitu lumer sudah tanpa biji langsung dimakan.  

Tapi buat kalian yang sedang berkunjung di Lamongan. Wajib kalian mencoba Ketan Duren yang ada di Angkringan di lamongan yang berada tepat di selatan Polres Lamongan. Angkringan Latar Omah, selain tempatnya yang sangat enak buat nongkrong, makanan yang disajikan juga menggugah selerah, salah satunya yaitu Ketan Duren. Ketan Duren di sini memiliki cita rasa tersendiri. Porsinya tidak terlalu banyak, tapi sekali makan langsung bikin kenyang. Selain itu, rasanya juga tidak terlalu membuat langsung berhenti untuk dimakan (tidak neg), rasa santannya tetap gurih dan manis, tapi sekali lagi rasa perpaduan santan, duren dan ketan nya dan bisa jadi ada komposisi lain yang ditambahkan sehingga perpaduan semua kompisisi dalam Ketan Duren ini patut dicoba dan berulang dicoba lagi, meskipun tidak membuat neg tapi Ketan Duren diisi bisa membuat anda mau kembali lagi untuk makan Ketan Duren lagi.

Foto Ketan Duren Tampak Atas

      3. Soto Lamongan

Di kabupaten Lamongan, Jawa Timur sendiri banyak juga penjual soto mulai di warung-warung makan, mulai dari yang pakai koya maupun tidak. Namun soto Lamongan akan lebih khas jika tanpa memakai koya dengan kuah yang asli dari rebusan ayam untuk lauk makan soto itu sendiri. Dan salah satu warung soto Lamongan di kabupaten Lamongan yang wajib anda datangi dan coba adalah salah satu warung makan soto yang berada di pantura kabupaten lamongan tepatnya di saming jalan raya daendels, desa Kemantren, kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan, Jawa Timur, di depan Lamongan Shorebase agak ke barat sedikit. Di warung makan ini kalian akan dihidangkan se porsi soto Lamongan tanpa koya dengan kuah yang begitu nikmat dan gurih dengan beberapa tambahan, diantaranya: bihun, kubis dan taburan bawang goreng, jika kurang anda bisa menambahkan sambal dan kecap sesuai selera yang sudah disiampan disebuah wadah kecil, selain itu anda juka bisa minta tambah tulang ayam sisa suiran daging ayam yang dibuat lauk soto, jadi jika anda memesan se porsi soto, anda akan dihidangkan dua mangkuk porsi, satu mangkuk buat soto lengkap dengan beberapa tambahan tadi dan sudah termasuk nasi di dalamnya, dan satu mangkuk lainnya berisi tulang ayam sisa suiran ayam untuk lauk soto, satu mangkuk soto + satu mangkuk tulang ayam ini dipatok dengan harga Rp: 20.000.-, tentu harga ini sangat sebanding dengan nikmat dan gurih soto serta nikmatnya tulang ayam yang akan kalian dapat, dimakan dengan cuaca apapun sangat nikmat apalagi dimakan selepas turun hujan, hangat, gurih dan nikmat sotonya semakin memanjakan lidah dan tubuh seketika, disamping itu kalian bisa juga memesan minum teh hangat atau dingin sebagai teman makan soto. Tidak percaya dengan nikmat soto yang satu ini? Silahkan datang dan buktikan …. J

Foto Soto Lamongan Satu Porsi

      4. Rujak Paciran (Karmini)

Rujak Paciran, kabupaten Lamongan, merupakan salah satu rujak yang patut dicoba ketika kalian memiliki jalur Pantura sebagai rute anda, disini kalian akan menemukan banyak penjual rujak di hampir seluruh pinggir jalan raya. Biasanya mereka tidak hanya menjual rujak tapi juga Jumbrek, gula merah, petis, gorengan dll.
Salah satu rujak Paciran yang wajib kalian coba dan sangat nikmat adalah rujak bu Karmini. Warung rujak depan apotek Karangasem ini tempatnya tak jauh berbeda dengan warung rujak lain, akan tetapi rasa rujak di tempat ini sangat wajib kalian coba. Rasa bumbu rujaknya begitu gurih, nikmat, pedas dan mantap, dijamin beda dari tempat yang lain. Biasanya rujaknya berisi sayur dan beberapa buah diantaranya: krai, terong, bengkoang, manga muda, papaya muda, semangka. Bumbu rujaknya begitu banyak dan nikmat, dijamin sekali datang bikin kalian ingin datang kembali. Porsinya cukup banyak dan nikmat apalagi ditambah dengan secangkir es siwalan yang terdapat tambahan buah nagka di dalamnya yang khas dari Paciran juga, dinikmati ketika dalam kondisi lelah berkendara dan panas, dipastikan menu-menu ini bakal memanjakan lidah anda, dan untuk kalian yang dari luar Lamongan, dijamin bakal ketagihan dan ingin mencoba rujak ini lagi di lain kesempatan. Disamping menjual rujak buah, bu Karmini juga menjual es siwalan, es legen, bumbu petis, trasi, dan juga buah siwalan yang begitu empuk baru dipetik yang dijuga sangat direkomendasikan untuk kalian buat oleh-oleh atau dimakan langsung di tempat.

Foto Rujak Paciran, Lamongan Tampak Atas

Foto Es Siwalan

      5. Sego Muduk

Sego Muduk, mungkin beberapa dari kalian akan asing dengan kuliner khas kabupaten Lamongan satu ini, atau bahkan kalian baru dengar ini. Selain Soto, kabupaten Lamongan juga mempunyai makanan khas lain yaitu Sego Muduk atau nasi Muduk. Kuliner satu ini berasal dari desa Sendang Duwur, kecamatan Paciran. Sego Muduk adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika kalian ke Lamongan. Menu kuliner satu ini adalah: nasi yang diolah dengan beberapa rempah hingga berubah warna menjadi kuning dan beberapa lauk yang bisa kalian pilih diantaranya: cumi hitam, tongkol, oseng peda, oseng tempe, pindang, dll, kemudian disiram kuah pecel. Nasi satu ini sangat gurih dan porsinya pun sangat jumbo, dijamin selain memperoleh rasa yang begitu nikmat, kalian juga akan sangat kenyang ketika menyantap kuliner satu ini. Untuk lauk, kalian bisa memilih sendiri lauk yang cocok dan dikehendaki, untuk harga tergantung lauk apa yang kalian pilih. Untuk rasa dijamin numero uno dan bakal nagih anda untuk mencoba lagi ketika berkunjung ke Lamongan, khususnya ke desa Sendang Duwur sekalian berwisata religi ke makam Sendang Duwur.


Foto Sego Muduk Tiga Porsi Tampak Atas

Tidak ada komentar:
Write komentar

Halaman Kami: