Minggu, 07 Juli 2019

JAWA TIMUR: PEKAN OLAHRAGA PROVINSI (PORPROV) TERBESAR DI INDONESIA



Pesta Penyalaan Kembang Api PORPROV VI Jawa Timur 2019


       Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) adalah pekan dimana para atlet daerah se provinsi tampil unjuk gigi dalam kemampuan olahraganya untuk dapat berdiri di podium tertinggi dengan meraih emas di tiap cabang olahraga yang dipertandingkan. Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang juga menyelenggarakan acara PORPROV. Tahun 2019 ini menjadi ajang PORPROV VI Jawa Timur dimana pada ajang yang sama sebelumnya kabupaten Banyuwangi sukses menjadi tuan rumah menyelenggarakan PORPROV V Jawa Timur tahun 2015. Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) VI Jawa Timur 2019 menjadi Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) terbesar hingga saat ini sepanjang sejarah penyelenggaraan PORPROV di Indonesia dengan jumlah atlet peserta sebanyak 7.818 atlet, official: 2.484, dan total 10.302 personel.

Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur VI 2019 mengusung tema “Jawa Timur Menembus Dunia” dan Slogan: “Atlet Milenial Jawa Timur Menuju Prestasi Puncak”. Batasan usia atlet yang bisa mengikuti PORPROV Jawa Timur ini adalah 16 – 21 tahun dimana ada 4 kabupaten penyelenggara yang berbeda tahun ini, diantaranya: Lamongan, Gresik, Bojonegoro, dan Tuban, dengan rincian:  Kabupaten Gresik 9 cabang olahraga, Kabupaten Lamongan 10 cabang olahraga, Kabupaten Tuban 12 cabang olahraga, Kabupaten Bojonegoro 12 cabang olahraga. Jumlah nomor yang dipertandingkan 525 nomor. Kejuaraan ini dimulai tanggal 6 Juli 2019 hingga tangga 13 Juli 2019. Kabupaten Lamongan ditunjuk sebagai penyelenggara opening ceremony, sedangkan kabupaten Tuban ditunjuk sebagai penyelenggara closing ceremony  pada tanggal 13 Juli 2019. Selain itu, kejuaraan ini juga menghadirkan beberapa maskot, yaitu diantaranya: Si Beki/ Ayam Bekisar (maskot utama PORPROV Jawa Timur VI), Si Giro/ Kerbau Giras (kabupaten Gresik), Si Lilo/ Lele (Kabupaten Lamongan), Si Lawe/ Kuda Hitam (kabupaten Tuban), Si Meli/ Meliwis Putih (kabupaten Bojonegoro).

        Opening ceremony Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur VI 2019 diselenggarakan pada 6 Juli 2019 di stadion kebanggaan masyarakat kabupaten Lamongan, stadion Surajaya. Acara ini dimulai pukul 18.00 WIB. Dengan dimeriahkan oleh Jingga Life Orchestra, El Kiswah band dan beberapa artis terkenal Indonesia: Ahmad Abdul dan Ayu Mars (jebolan ajang pencarian bakat di televisi), Erie Susan dan grup Band KOTAK.


        Acara dimulai pukul 18.00, dibuka oleh El Kiswah Band, paduan suara dari siswa-siswi SMAN 3 Lamongan, Ayu Mars dengan diiringi Jingga Orchestra, setelah itu acara inti dimulai dengan kedatangan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur dan juga bupati kabupaten Lamongan, kemudian beliau semua menyapa seluruh penonton dengan berjalan mengelilingi stadion dengan melambaikan tangan. Dilanjutkan dengan pemberian santuan untuk panti asuhan Al Mizan yang diserahkan oleh gubernur jawa timur beserta wakilnya dan juga bupati Lamongan dan ditutup dengan pertunjukan cahaya dengan iringan musik yang begitu spektakuler.

       Kemudian setelah itu penonton disuguhkan tarian kolosal khas Lamongan, Tarian Sego Boran yang diikuti kurang lebih 1500 penari dengan sangat keren manari di tengah-tengah lapangan stadion Surajaya, setelah itu disusul persembahan tarian ikonik dari daerah-daerah jawa timur yang dibawakan oleh beberapa pelajar. Video singkat penjelasan tentang Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur sebagai acara setelahnya yang ditampilkan di layar utama panggung pertunjukan. Setelah pemutaran video selesai, diteruskan dengan defile atlet dan official peserta PORPROV Jawa Timur VI dengan mengusung konsep defile atlet yang ada di ASIAN GAMES 2018. Acara berlangsung dengan sangat meriah, para atlet sangat bangga ditambah melihat banyak dan keriuhan seluruh hadirin di stadion Surajaya. Sesekali beberapa dari mereka ada yang memberikan boneka maskot PORPROV Jawa Timur VI kepada hadirin yang berada di tribun stadion sebagai ucapan terima kasih.

          Lanjut acara berikutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama dengan seluruh hadirin yang ada di stadion Surajaya, seluruh hadirin berdiri dan lagu Indonesia Raya dikumandangan bersama-sama. Setelah itu dilanjut dengan lantunan doa, kemudian laporan dari ketua umum KONI Jawa Timur, Sambutan selamat datang Bupati Lamongan dan Sambutan Gubernur Jawa Timur yang sekaligus membuka acara Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur VI 2019. Pengibaran bendera PORPROV oleh paskibraka Kab. Lamongan menyusul setelahnya, pembacaan janji wasit dan atlet, pemutaran video perjalanan obor PORPROV Jawa Timur IV, penyalaan api PORPROV Jawa Timur IV oleh beberapa atlet legendaris Jawa Timur, diantaranya: Minarti Timur: atlet bulutangkis asal kota Surabaya, beliau merupakan peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000 dan peraih medali emas Sea Games 1995 di Chiang Mai, Thailand, Lilis Handayani atlet panahan asal kota Surabaya beliau merupakan peraih medali emas olimpiade Seoul 1988 dan peraih medali perak Archery World Cup 2007, Jafro Mewaganto atlet Paralayang asal kota Batu, beliau merupakan peraih medali emas Asian Games 2018, Aji Bangkit Pamungkas atlet Pencak Silat asal Kabupaten Ponorogo, beliau merupakan peraih medali emas Asian Games 2018, Andy Ardiansyah atlet voli pantai asal kota Surabaya, beliau merupakan peraih medali emas Sea Games 2011, Dimas Seto Anugraha atlet kebanggan kabupaten Lamongan, beliau merupakan peraih medali emas Sea Games 2005 dan beberapa atlet peraih medali emas PON untuk Jawa Timur.

        Setelah beberapa rangkaian acara dan persembahan yang sangat spektakuler di atas. Acara opening ceremony dilanjutkan dengan pesta penyalaan kambang api yang tak kalah spektakulernya. Pesta penyalaan kambang api tersebut berlangsung selama kurang lebih 7 menit tanpa henti, kemudian persembahan tari Sego Boran lagi oleh 1500 penari dari kalangan pelajar, dan ditutup dengan konser beberapa pengisi acara antara lain: Ahmad Abdul, Erie Susan dan yang ditunggu-tunggu pastinya kehadiran dari grup Band KOTAK.

        Juara umum Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) V Jawa Timur 2015 adalah Surabaya. Siapakah yang akan menjadi juara umum Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) VI Jawa Timur 2019? Mari kita tunggu ….. -MF


            Berikut beberapa foto selama acara opening ceremony Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) VI Jawa Timur 2019:


Acara Awal 0pening Ceremony PORPROV VI Jawa Timur 2019

Penuh Hadirin di Tribun Stadion Surajaya, Lamongan

Penjelasan Singkat Tentang Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur

Kemeriahan Pesta Penyalaan Kembang Api PORPROV Jawa Timur




Tidak ada komentar:
Write komentar

Halaman Kami: